analyticstracking
Indonesia Archipelago Network News - IANnews.id

Era Digital Rubah Pemberitaan Media Cetak?

Rabu,2013-06-26,08:37:32
(IANnews.id) "(IANNnews) Jakarta - Era digital atau internet telah membuat perubahan di dalam media. Media cetak seperti surat kabar dan majalah mulai digantikan oleh media baru yang diakses melalui internet, atau lebih dikenal dengan media online.

Menurut Ichlasul Amal, mantan Rektor Universitas Gajah Mada, Selasa 25 Juni 2013, pergeseran media lama ke media baru telah mengakibatkan pemberitaannya hanya terkonsentrasi pada masalah hasil survei, sepakbola, dan selebritis.

""Sedangkan berita mengenai keadaan masyarakat pada umumnya malah kurang diangkat. Padahal, itu adalah visi dari media, yang bertugas untuk mencerahkan bangsa,"" kata Ichlasul, di Jakarta.

Ichlasul menambahkan, masalah-masalah umum itu adalah mengenai keadaan masyarakat itu seperti kemiskinan, kelaparan, ketidakadilan, dan sebagainya. ""Seharusnya masalah-masalah itu yang harus diangkat kepermukaan oleh media-media,"" tegasnya.

Mantan Ketua Dewan Pers itu juga menyampaikan, memang media harus mencari laba untuk menghidupkan medianya. Keadaan itu, tidak akan bisa dihilangkan sejak zaman dulu dan sampai sekarang.

""Tapi, harusnya media kembali kepada visinya yang bertugas untuk mencerahkan bangsa dengan memberitakan masalah-masalah yang diderita rakyat Indonesia,"" ujar Ichlasul.

""Kalau masalah-masalah itu tidak pernah diangkat, bagaimana pemerintah mau memperhatikan keadaan masyarakatnya,"" tambahnya."
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
jobs-to-success