analyticstracking
Indonesia Archipelago Network News - IANnews.id

Melihat Mesin Pencetak Uang Kuno di Galeri Museum Peruri

Senin,2021-03-22,15:13:57
(IANnews.id) Iannews-Jakarta. Selain menawarkan wisata belanja dan kuliner, kawasan M Bloc juga menghadirkan sarana edukasi melalui Galeri Museum Peruri. Di sana, traveler dapat melihat koleksi mesin pencetak dan penghitung uang yang digunakan di awal masa kemerdekaan Indonesia.

Pembukaan Galeri Museum Peruri ini bersamaan dengan pembukaan M Bloc Market pada akhir pekan lalu. Museum ini dibuka di ruangan yang dulunya menjadi tempat percetakan uang pertama RI, yang kemudian difungsikan sebagai gudang.

Saat ini, gudang itu sudah dirombak menjadi museum kekinian. Di sana dipamerkan mesin-mesin kuno milik Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Salah satu mesin yang dipamerkan bernama mesin handpress intaglio. Mesin ini dibuat pada abad ke-18 dan digunakan untuk mencetak uang untuk sampling persetujuan desain sebelum diproduksi dengan mesin cetak.

Mesin ini masih dioperasikan menggunakan tenaga manusia, lho. Caranya adalah dengan memutar kendali menggunakan tangan.

Nah, ciri khas hasil cetakan mesin ini adalah terasa menonjol jika diraba. Alat ini pertama kali diterima oleh Pertjetakan Kebajoran pada 1954.

Selain itu, ada pula mesin penghitung uang logam heemaf yang berasal dari Jerman. Mesin ini dibuat pada taun 1937 namun baru digunakan perusahaan negara Artha Yasa pada 1957-1975.
Galeri Museum Peruri
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Sales Manager PT Mustika Land Development/td>
SITE MANAGER PT Mustika Land Development/td>
Sales Horeca Atlantic Biruraya/td>
jobs-to-success