analyticstracking
Indonesia Archipelago Network News - IANnews.id

Bank Indonesia Sosialisasikan Qris di Rumah Ibadah

Rabu,2020-03-11,09:43:43
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi (KPw BI) Jawa Timur mensosialisasikan Code Indonesian Standard (QRIS) dirumah ibadah di Masjid Agung Al Akbar, Surabaya, Selasa (10/3).

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A Johansyah disela-sela Sosialisasi Qris di Rumah Ibadah mengatakan, kalau di setiap masjid ada dana yang terkumpul setiap minggu bisa sampai Rp 30 juta uang tunai.

Uang tunai tersebut campur dengan uang kertas dan logam serta uang pecahan recehan berapa banyak dan waktu petugas untuk menghitungnya dan selanjutnya dibawa ke bank.

Maka, dengan adanya Qris, kata Difi, secara otomatis semua itu secara elektonik sudah masuk tercatat dan tinggal di rekap. Hal tersebut sangat membantu manajeman keuangan didalam masjid.

“Sekarang pembayaran ini dilakukan di rumah-rumah ibadah seperti di masjid kalau sudah mempunyai aplikasinya cukup mudah tinggal mengirim,” tuturnya.

Saat ini bank-bank syariah di Jawa Timur yang sudah menyediakan aplikasi Qris cukup banyak.

Bank syariah telah mempunyai fitur barcode aplikasi Qris, karena mereka sudah menyesuaikan dengan kondisi kalau misalnya ketemu masyarakat yang mau wakaf bisa melalui bank-bank syariah.

Melalui Qris ini, orang-orang yang akan beramal yang sudah mempunyai Ovo atau GoPay tidak ada halangan tinggal menscant saja lalu kirim.

“Dengan adanya Qris ini semakin banyak kesempatan masyarakat untuk beramal dan jumlah yang diamalkan semakin bertambah besar, baik amal, infaq dan sodhakoh. Sehingga fungsi pemberdayaan masjid bagi umat bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Upaya ini, ungkap Difi, bisa teredukasi dengan baik ke masyarakat, karena Qris ini merupakan bentuk pembayaran non tunai yang lagi ngetren di era jaman ini.

Bagi masyarakat sekarang khususnya yang tinggal di perkotaan telah melakukan transaksi belanja dengan memakai alat pembayan seperti Ovo, GoPay dan e-bangking sudah biasa ditoko-toko karena sudah mempunyai aplikasinya.

“Selanjutnya aplikasi Qris ini ditularkan ke rumah ibadah guna mempermudah masyarakat yang akan melakukan amal,” kata Difi. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-Ryo/toeb)

 

 
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staff Accounting Confidential Company/td>
Sales Executive (Bali) PT Rajawali Hiyoto/td>
Sales Associate (SPG/SPB) Wilayah JABODETABEK PT Home Credit Indonesia/td>
jobs-to-success