Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Business



Kunjungan Raja Salman, Pertamina Tawarkan Suplai Avtur ke Arab Saudi

Rabu,2017-03-01,14:33:19
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Poesponegoro
(IANnews.id)
Palembang - Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Azis ke tanah air menjadi salah satu peluang Indonesia untuk memperkuat pengembangan industri minyak ke Arab Saudi. Perusahaan pengelolaan migas milik pemerintah, Pertamina, akan menjajaki peluang investasi dalam penyaluran BBM jenis avtur ke sejumlah bandara di negara eksportir minyak tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Poesponegoro, mengungkapkan kunjungan Raja Salman ke Indonesia dapat diartikan sebagai hubungan baik antara kedua negara yang dianggap dapat mempermudah peluang kerja sama industri dan investasi bagi kedua belah pihak.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Wianda mengatakan tidak hanya membidik suplai avtur di bandara Arab Saudi, dalam pembicaraan dengan pihak Kerajaan Arab Saudi, Pertamina pun berencana untuk menjalin kerja sama perdagangan dengan mendapatkan produk kilang dari Arab Saudi seperti Elpiji dengan harga kompetitif diluar kerjasama yang telah terjalin selama ini.

“Kalau saya lihat dari list MoU yang dibicarakan kemungkinan besar untuk penyediaan aftur di bandara Arab Saudi,” ujar Wianda usai paparannya pada Forum Komunikasi Humas-Media Pertamina di Palembang, Rabu (1/3/2017).

Menurut Wianda, kerja sama Pertamina dengan Arab Saudi bukan hal yang baru. Pertamina telah menjalin kerja sama jangka panjang dengan perusahaan Migas asal Arab Saudi, Saudi Aramco, dalam impor minyak mentah jenis Arabian Light Crude yang digunakan di Kilang Cilacap dan dilanjutkan dengan kerja sama upgrading Kilang Cilacap yang baru ditandatangani di bulan Desember 2016 lalu.

“Harapannya pada tahun 2021 Kilang Cilacap dapat meningkatkan produksinya dari 100.000 barel/hari menjadi 360.000 barel/hari,” jelasnya.

Peluang kerja sama dengan Arab Saudi dianggap sangat strategis untuk penguatan industri migas di tanah air. Selain kerja sama perdagangan, Pertamina juga membuka peluang untuk kerja sama investasi dibidang infrastruktur migas.

“Mungkin Saudi Arabia ada keinginan untuk investasi di bidang struktur migas dan lain-lain, prinsipnya kami menyambut baik,” pungkasnya.

Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staf Direct Pembukaan Rekening (A) PT Danamas Insan Kreasi Andalan (DIKA)
Sales Counter (SPG/SPB) Jakarta Barat PT Home Credit Indonesia
Field Check Team Yogyakarta PT Personel Alih Daya ( PERSADA )
jobs-to-success