Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

World



Jelang Idul Adha, Hotel Kerbau Laris Dipesan

Kamis,2019-07-25,16:07:46
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta.  Ada istilah unik di Desa Guwosobokerto, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah sebagai desa peternak kerbau. Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, kandang-kandang milik peternak berubah menjadi Hotel Kerbau untuk tempat penitipan hewan kurban.

Istilah Hotel Kerbau muncul karena banyak orang yang menitipkan kerbaunya hingga hari penyembelihan kurban.

"Nah, mulai lah muncul istilah hotel kerbau," ujar Wakil Ketua Kelompok Peternak Makmur, Mursalin, Kamis (25/7/2019)



Desa Guwosobokerto, lanjutnya, merupakan desa peternak kerbau. Kandang-kandang milik peternak sendiri berjejer layaknya petak-petak kamar, memanjang dari utara ke selatan. Berdekatan dengan sawah dan Kali Bom. Lokasi kandang sendiri, berjarak satu kilometer (km) dari permukiman warga.

"Untuk tarif hotel kerbau (penitipan) sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu sebulan, sampai kemudian diambil. Itu untuk membeli pakan dan perawatan," paparnya.

Untuk saat ini, di desa tersebut ada 60 peternak dengan jumlah kerbau mencapai 450 ekor. Selama di 'hotel', kerbau tersebut diberi makan dan dimandikan di sungai 4 kali sehari.

"Mandinya empat kali, pagi, siang, sore dan nanti malam mulai jam delapan. Tujuannya, selain agar tubuh kerbau tidak panas, juga sekalian membuang kotoran. Jadi kerbau lebih bersih, karena di kandang tak buang air besar," tuturnya. 

Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO