analyticstracking
Indonesia Archipelago Network News - IANnews.id

Resep Takoyaki, Jajanan Kekinian Jepang yang Mudah Dibikin di Rumah

Jumat,2020-04-03,15:07:53
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Takoyaki adalah adonan bola-bola tepung isi potongan daging gurita. Makanan ini merupakan makanan kekinian di Jepang dan mudah dibikin lho.
Di Indonesia, makanan ini makin banyak dijual dengan banyak variasi. Ada takoyaki manis atau takoyaki asin. Mari kita membuat takoyaki untuk kamu yang di rumah aja.

Resep Takoyaki:
1. Takoyaki Asin

Bahan takoyaki:

1 sdt jahe merah iris
2 sdm ebi
1 buah bawang bombay lalu cincang
1 siung bawang putih lalu cincang
daun bawang iris
tako atau octopus yang dipotong sekitar 1 cm
2 butir telur
1 1/2 cangkir tepung terigu
1 1/2 cangkir kaldu ayam atau sapi dan dashi


Siapkan wajan, kemudian panaskan dengan api kecil dan masukkan ebi atau udang kering ke dalamnya sangrai sampai ebi kering. Setelah itu angkat dan haluskan sampai berbentuk seperti bubuk.

Sebelum mencampurkan seluruh bahan, tumis bawang bombay dengan sedikit minyak. Siapkan mangkuk ukuran sedang masukkan telur, kaldu, semua bumbu termasuk ebi kering, dan tepung terigu hingga adonan tercampur rata. Saat mencampurkan tepung, campurkan perlahan sampai adonannya cukup kental.

Panaskan pan atau wajan berlubang setengah bola khusus untuk takoyaki. Olesi tiap lubang dalam pan dengan minyak atau margarin. Setelah itu tuangkan adonan kedalam lubang pan, lalu masukkan gurita yang telah dipotong atau bahan lain seperti crab stick ataupun seafood.

Jika bagian bawah sudah berwarna kecokelatan putar takoyaki dengan dua buah sumpit diputar atau dibalik sampai membentuk bola.

Siapkan piring, kemudian susun takoyaki pada piring, siram dengan saus okonomi, mayonais, dan taburi dengan katsubosi. Santap selagi hangat. Mantap seperti takoyaki asli dari Jepang kan?


2. Takoyaki Manis
Bahan:
150 gr tepung terigu
50 gr gula bubuk
1 sdt baking powder
50 gr cokelat bubuk
1 butir telur
15 gr mentega yang sudah dilelehkan
Cokelat
500 cc Susu cair

Cara membuat takoyaki manis:

Campur tepung terigu, gula bubuk, cokelat bubuk, dan baking powder dalam satu wadah besar. Bila sudah menyatu, campurkan dengan mentega yang sudah dilelehkan, telur, dan susu cair, aduk sampai rata.

Masukkan adonan ke dalam wadah agar mudah dituang ke cetakan. Tuang adonan ke dalam cetakan, isi hanya setengah lalu masukkan potongan cokelat. Baru kemudian isi kembali dengan adonan sehingga cokelat menjadi isiannya.

Tunggu hingga pinggiran mengering. Lalu putar untuk mematangkan sisi bagian atas. Angkat dan taburi dengan gula.

Hmm, sedap. Kamu mau coba membuat takoyaki yang mana?

Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staf Direct Pembukaan Rekening (A) PT Danamas Insan Kreasi Andalan (DIKA)/td>
Sales Counter (SPG/SPB) Jakarta Barat PT Home Credit Indonesia/td>
Field Check Team Yogyakarta PT Personel Alih Daya ( PERSADA )/td>
jobs-to-success