Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Jakarta



Fakta-fakta Jalan Amblas di Daan Mogot yang Bikin Repot

Senin,2020-01-13,09:11:32
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Jalan amblas dua meter membuat geger warga Daan Mogot, Tangerang. Sebab, lubang itu muncul di jalan arteri Daan Mogot menuju ke arah Tangerang Kota.

Salah satu saksi bernama Akbar warga Daan Mogot, Tangerang mengatakan kejadian jalan amblas itu terjadi ada Sabtu (11/1) siang pukul 13.00 WIB. Akbar mengatakan jalan itu tiba-tiba saja amblas.

Menurut Akbar, jalanan itu sebelum amblas memang terlihat turun karena longsor di sekitar daerah itu. Tidak ada korban atau pengendara yang lewat saat peristiwa itu berlangsung.

Jalan amblas itu berdiameter 3 meter dan dalamnya hingga 2 meter. Pinggir lubang jalan itu terlihat rapuh dan sudah retak.


Hari menyebut pihak BBPJN IV sudah menyarankan ke PDAM setempat agar pipa air tidak ditanam di bahu jalan. Namun, kata Hari, lantaran PDAM sudah terlanjur meletakkan pipa tersebut, sehingga butuh biaya untuk melakukan pemindahan ulang pipa ke luar badan jalan. k

Dia menuturkan, di dalam lubang akibat jalan amblas juga terdapat pipa gas dan kabel fiber optik. Pihaknya masih berkoordinasi untuk merelokasi pipa-pipa tersebut.

Saat ini, BBPJN IV Jakarta sedang melakukan eksekusi jalan amblas itu. Jalan amblas itu saat ini dikeruk memakai alat berat ekskavator. Pengerukan dimulai pada sore hari, rencananya pengerukan akan terus dilakukan hingga sepanjang 18 meter.

Sementara itu, Kabid Humas PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang, Samsudin Sidik mengatakan penyebab jalan di kawasan Daan Mogot amblas bukan karena pipa milik perusahaannya yang bocor. Melainkan karena longsor sehingga mengakibatkan pipa air patah.

"Jadi gini. Jadi amblas gitu bukan karena PDAM, justru kita bocor itu karena ada longsor, sehingga kelongsoran itu menimpa pipa kita. Bukan berarti karena bocor jadi amblas, justru amblasnya itu longsor, amblas kemudian menimpa pipa kita. Sehingga pipa kita menjadi patah dan pecah jadi bocor," kata Samsudin saat dihubungi.



Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staf Direct Pembukaan Rekening (A) PT Danamas Insan Kreasi Andalan (DIKA)
Sales Counter (SPG/SPB) Jakarta Barat PT Home Credit Indonesia
Field Check Team Yogyakarta PT Personel Alih Daya ( PERSADA )
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO