Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Entertainment



Jalur Cianjur-Ciwidey Kini Sudah Mulus, Waktu Tempuh Jadi 1 Jam

Selasa,2020-01-14,16:01:19
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Bertahun-tahun kondisinya rusak parah, jalan penghubung antara Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur dengan Ciwidey, Kabupaten Bandung kini sudah mulus dan sudah dapat dilalui kendaraan. Bahkan kini waktu tempuh dari perbatasan Cikadu ke Ciwidey hanya sekitar 1 jam. Sementara dari pusat kecamatan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan kecepatan kendaraan sekitar 60-70 Km.

Pengamat/Penilik Ruas Jalan Cikadu-Batas Cianjur/Bandung UPTD Wilayah Cianjur Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat, Sumarna menjelaskan, pembangunan ruas jalan Cikadu-Ciwidey dilakukan sejak 2016.

Hingga akhir 2019, pembangunan jalan dengan lebar 4-5 meter itu sudah mencapai 29 kilometer, terdiri dari ruas jalan Cianjur batas Bandung Ciwidey-Kebon Muncang Cikadu, Cikadu-Simpang Pancur Tilu, dan Simpang Pancur Tilu-Simpang Muara Cikadu.

"Total ada 48 kilometer yang akan kami perbaiki, sekarang sudah 29 kilometer jalur utama yang sudah dibangun dengan hotmix dan lapen," ujar dia saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (14/1/2020).

Sebelum pembangunan, Sumarna mengungkapkan, kondisi jalan tersebut rusak parah. Bahkan 60 persennya masih berupa tanah merah yang licin dan sulit dilalui terutama saat musim hujan.

Untuk bisa melintas, setidaknya kendaraan roda dua harus didorong dan pada bagian bannya mesti dililit rantai.

"Saat cek lokasi pun ban motor saya pakai rantai, itupun masih sulit dan sering terjatuh," kata Sumarna.

Kini, warga bisa dengan mudah melintas jalur yang membelah kawasan hutan dari Cikadu menuju Ciwidey. Waktu tempuh yang semula harus setengah hari, kini terpangkas hingga hanya satu jam perjalanan dari Cikadu ke Ciwidey Kabupaten Bandung.

"Dulu kalau memaksakan bisa memakan waktu setengah hari, ada jalan yang lebih baik kondisinya melalui Naringgul waktu tempuhnya bisa seharian. Tapi per Desember 2019 lalu, setelah jalan utamanya selesai, Cikadu-Ciwidey hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam," tuturnya.

Penyelesaian pembangunan ruas jalan akan terus dilakukan. Di tahun ini rencananya ada 4,5 kilometer jalan lagi yang akan dibangun.

Asep Nuroni (30), salah seorang tokoh pemuda di Desa Cikadu, mengaku, warga di wilayah Cikadu dan sekitarnya sangat terbantu dengan telah diselesaikannya pembangunan ruas jalan Cikadu-Ciwidey. Sebab aktivitas warga lebih mudah, terutama terkait perekonomian.

Sebab tidak sedikit warga yang mengandalkan penjualan hasil bumi ke Ciwidey karena lebih dekat dibandingkan harus ke wilayah perkotaan Cianjur.

Namun, warga berharap ada penambahan sarana penunjang, seperti lampu penerangan jalan dan rambu lalulintas lainnya.

"Warga menjadi mudah untuk sampai ke Ciwidey, waktu tempuh jadi lebih singkat juga. Untuk perekonomian pasti lebih terbantu. Kami harap untuk ruas jalan yang belum selesai bisa dituntaskan secepatnya," tutur Asep. 
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staf Direct Pembukaan Rekening (A) PT Danamas Insan Kreasi Andalan (DIKA)
Sales Counter (SPG/SPB) Jakarta Barat PT Home Credit Indonesia
Field Check Team Yogyakarta PT Personel Alih Daya ( PERSADA )
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO