Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Entertainment



Cerita Dua Bioskop di Ciamis yang Kini Jadi Rumah Makan-Mal

Selasa,2020-01-14,16:55:03
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Gedung film atau bioskop merupakan salah satu tempat hiburan yang diminati masyarakat hingga kini. Kabupaten Ciamis sempat memiliki dua bioskop legendaris, yakni Bioskop Sawadaya dan Bioskop Pusaka. Kini bangunannya sudah tidak ada. Gedung bioskop itu menjadi rumah makan dan pusat perbelanjaan.

Bioskop Pusaka atau Swadaya sebagai pusat hiburan yang diandalkan pemuda era 60-an hingga 90-an. Bioskop tersebut memiliki kesan tersendiri. Mamat (59), warga Ciamis, menceritakan saat usianya 7 tahun atau pada 1967, dua bioskop legendaris tersebut sudah berdiri lama menyapa warga.

Saat usia 17 tahun, Mamat saat itu SMK, mengaku sering datang nonton film bersama teman-temannya. Film yang ditonton seperti Rhoma Irama, Warkop DKI hingga Suzzanna. "Dulu sering nonton saat SMK, kondisi bangunannya memang tak baru, tapi masih bagus. Sekarang mah sudah tidak ada," ujar Mamat, Senin (13/1/2020).

Seiring perkembangan zaman, kepopuleran dua bioskop legendaris ini lambat laun meredup. Pada era 90-an akhir, bioskop Swadaya berhenti beroperasi. Kini kawasan eks bioskop tersebut dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Ciamis.

Sedangkan Bioskop Pusaka sempat bertahan hingga tahun 2000. Namun pengelola hanya memutar film-film lama, hingga akhirnya tutup karena tak mampu bertahan.

Bertahun-tahun eks bioskop dibiarkan kosong. Setiap ingin nonton film, warga Ciamis harus ke kota tetangga, yakni Tasikmalaya.
Selanjutnya 

Bioskop Baru di Ciamis Mall

Pada 2018, sebuah bioskop baru dibuka di Ciamis. Lokasinya di Ciamis Mall, yang dulunya digunakan bioskop Pusaka, Jalan Jendral Sudirman. Bioskop bernama New Star Cineplex (NSC) Ultima Ciamis ini menjadi obat bagi para pecinta film. Warga Ciamis tak perlu lagi harus ke luar kota untuk ke bioskop.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menuturkan tutupnya dua bioskop legendaris di Ciamis tak terlepas dari persoalan manajemen. Bioskop yang tak menyesuaikan dengan kebutuhan para penonton akan ditinggalkan dan tutup.


"Hal itu penyebab bioskop legenda di eranya tak bisa bertahan di tengah tantangan film modern. Bioskop itu dikelola swasta, hanya dulu didirikan di lahan Pemda. Sekarang yang bekas Swadaya jadi tempat kuliner. Sedangkan Pusaka jadi pusat perbelanjaan yang ada bioskopnya," kata Budi di kantornya, Jalan Iwa Kusumasomantri, Ciamis, Senin (13/1/2020).

Selain itu, sambung dia, tutupnya bioskop legendaris di Ciamis tak terkoordinasi dengan perusahaan bioskop besar seperti XXI dan 21 Cineplex. Bioskop era modern memiliki kualitas layar dan audio yang mumpuni.

"Jadi ini persoalan manajemen. Sebetulnya Ciamis ini berpotensi, setiap hiburan pasti ramai. Karena tempat hiburan di Ciamis masih minim. Apresiasi masyarakat Ciamis pasti tinggi," tutur Budi.

Budi menceritakan pengalamannya kala menonton di bioskop Pusaka pada 1989. Setiap kali nonton pasti mencium bau pesing di area bioskop. "Jadi saat nonton itu ada terlihat air mengalir, itu ada penonton yang buang air sembarangan jadi tidak ke toilet. Intinya pengelolaannya dan manajemen. Sekarang di bioskop modern, pasti tak akan ada yang seperti itu," ucap Budi.

Dinas Pariwisata Ciamis mengapresiasi atas dibukanya bioskop baru di kawasan Ciamis Mall. "Kita punya pengalaman pahit, bioskop legendaris tak lagi bertahan. Harapannya kepada perusahaan pengelola, terus tingkatkan kualitas jangan sampai ditinggalkan penonton. Buat nyaman penonton," ujar Budi.
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staf Direct Pembukaan Rekening (A) PT Danamas Insan Kreasi Andalan (DIKA)
Sales Counter (SPG/SPB) Jakarta Barat PT Home Credit Indonesia
Field Check Team Yogyakarta PT Personel Alih Daya ( PERSADA )
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO