Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Entertainment



7 Manfaat Pare, Atasi Kolesterol hingga Turunkan Berat Badan

Selasa,2020-01-14,16:45:57
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Banyak orang yang tidak suka pare karena rasanya yang pahit. Namun pare memiliki banyak segudang manfaat.

Pare biasa digunakan untuk tumisan sayur. Bahkan ada juga yang memanfaatkan untuk jus.

Pare mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Ada juga mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang, di dalam tumbuhan merambat ini.


Banyaknya vitamin dalam pare, sudah pasti tanaman ini banyak manfaatnya. Berikut manfaat pare:

1. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi menjadi pemicu penyakit jantung. Pare dalam bentuk teh dapat digunakan sebagai obat penurun kolesterol. Kandungan asam folat dan zat besi pada pare juga membantu mengurangi risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung.

2. Mengobati Gangguan Pernafasan

Pare merupakan obat yang baik untuk mengatasi gangguan pernafasan, seperti asma, batuk, pilek, dan lainnya.

3. Melindungi Kehamilan

Kandungan folat di dalam pare sangat berguna terutama bagi ibu hamil, yakni pada awal kehamilan. Sebab pare memiliki kadar folat yang sangat baik, yaitu 72/100 gram (18% dari RDA). Kandungan folat akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi.


4. Mengatasi Jerawat

Manfaat pare dipercaya dapat mengatasi jerawat. Sebab makanan pahit ini dapat membersihkan darah dan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh gangguan saluran peredaran darah. Misalnya seperti jerawat, bisul, kudis, gatal, dan penyakit akibat jamur.


5. Bikin Kulit Sehat dan Cantik

Pare mengandung vitamin yang dapat membantu kulit dalam pemulihan penyakit seperti eczema dan psoriasis. Pare juga dapat memurnikan darah sehingga kulit menjadi bebas toksin. Hal inilah yang membuat kulit menjadi sehat bercahaya dan cantik.

6. Menurunkan Berat Badan

Pare mengandung anti oksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan tubuh. Pare juga rendah kalori dan mengandung air. Hal inilah yang membuat kamu menjadi tahan lapar sehingga membantu menurunkan berat badan.

7. Mengobati Diabetes

Manfaat pare berikutnya yakni mengobati diabetes. Hal ini karena pare mengandung Phytonutrient dan Polipeptida-P yang berfunsi sebagai insulin guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, zat-zat tersebut membentuk charantin yang berguna untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen di dalam sel-sel hati, otot, dan jaringan lemak.
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Operator Gudang (Bali) PT Rajawali Hiyoto
SALES PT. ICT Worldwide Indonesia
Personal Assistant / Secretary to Director PT. ICT Worldwide Indonesia
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO