Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Entertainment



5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Pukul 10 Pagi

Kamis,2020-03-26,15:32:51
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Ada makanan yang harus dihindari pada waktu tertentu. Seperti roti panggang hingga jus yang tidak boleh dikonsumsi sebelum pukul 10 pagi. Kenapa ya?
Beberapa makanan tidak bagus dikonsumsi kapanpun kamu mau dan harus dihindari pada waktu tertentu karena bisa mempengaruhi kesehatan. Seperti halnya menu sarapan yang tidak bisa sembarang disantap.

Ada menu sarapan yang sebaiknya dihindari sebelum pukul 10 pagi. Hal ini agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani aktivitas harian.

Dilansir dari Bright Side (20/3), berikut 5 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum pukul 10 pagi.

1. Roti Panggang Mentega
Roti panggang memang menu sarapan nikmat, apalagi jika ditambahkan mentega saat menyantapnya. Roti panggang juga jadi andalan banyak orang karena membuatnya praktis, tinggal dimasukkan ke toaster hingga garing.

Namun ternyata roti panggang mentega bukan pilihan terbaik untuk sarapan. Makanan tersebut sebaiknya dihindari sebelum pukul 10 pagi. Karena mentega mengandung banyak lemak jenuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung serta dapat membuat tubuh gemuk.

Jika ingin tetap menyantap roti panggang saat sarapan, pilihan terbaiknya mengganti mentega dengan selai kacang. Sebuah penelitian menemukan kalau kacang tanah dan selai kacang murni dapat membantu kenyang lebih lama. Karena selai kacang meningkatkan produksi peptida YY yang merupakan hormon pengatur rasa lapar.

2. Sereal
Sereal yang dimakan bersama campuran susu merupakan menu sarapan praktis. Banyak dikonsumsi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan. Seperti harus pergi bekerja atau sekolah.

Namun sebenernya sereal tidak baik dikonsumsi untuk sarapan karena tinggi gula. Kandungan gula tersebut dapat menciptakan lemak di perut. Selain itu dapat berpengaruh jika Anda memiliki risiko diabetes.

Sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi oatmeal yang bebas gula dan mengandung serat tinggi. Jika ingin rasa yang bervariasi, Anda bisa mengkreasikannya dengan campuran buah segar yang terdapat kandungan gula alami. Karena mengurangi asupan gula di pagi hari dapat membantu Anda tidak mudah lelah.

3. Waffle atau Pancake
Waffle atau pancake juga sering disantap saat sarapan. Biasanya waffle dan pancake disajikan dalam bagian menu American Breakfast.

Namun jika Anda tipe orang yang mengkhawatirkan masalah kesehatan tubuh, sebaiknya hindari makan waffle atau pancake sebagai menu sarapan. Kedua hidangan tersebut lebih baik dikonsumsi sesudah pukul 10. Hal ini terkait kandungan gula.

Jika ingin menyantap sesuatu yang mengenyangkan di pagi hari, mungkin roti gandum bisa jadi alternatif yang lebih sehat. Roti gandum bisa disantap langsung atau bisa dijadikan sandwich. Jika ingin memanggangnya pun bisa dan nikmati bersama selai kacang, madu, atau selai buah alami.

4. Yogurt Rendah Lemak
Yogurt juga banyak diandalkan sebagai menu sarapan sehat. Ini dikarenakan yogurt merupakan produk fermentasi dari susu yang tinggi protein. Namun yang baik dikonsumsi adalah jenis Greek yogurt tanpa rasa.

Selain itu yogurt juga dibedakan menjadi dua, ada yang rendah lemak dan biasa. Yang tidak baik dikonsumsi sebelum pukul 10 adalah yogurt rendah lemak. Memang rendah lemak namun kandungan energi pada yogurt digantikan dengan gula.

Kandungan gula yang ditambahkan ke dalam yogurt tanpa lemak ini agar menambah rasa dan kandungan protein. Lebih baik mengonsumsi yogurt biasa dengan kandungan lemak normal. Menurut sebuah penelitian yogurt biasa dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu protein di dalamnya juga akan membuatmu kenyang lebih lama.

5. Jus Buah
Satu lagi menu yang sebaiknya dihindari sebelum pukul 10 pagi yaitu jus buah. Apalagi jika kamu mengonsumsi jus buah kemasan yang mengandung gula buatan. Mengonsumsi jus buah juga membuat tubuh kehilangan asupan serat harian yang banyak ditemui di dalam buah utuh.

Walaupun jus buah jadi salah satu menu sarapan yang praktis. Tapi ternyata lebih baik mengonsumsi buah utuh untuk sarapan. Buah yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah buah yang mengandung banyak serat seperti apel, jeruk, pisang, dan lainnya.

Buah utuh dengan kandungan serat tinggi dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan di pagi hari. Jika mengandung vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staff Accounting Confidential Company
Sales Executive (Bali) PT Rajawali Hiyoto
Sales Associate (SPG/SPB) Wilayah JABODETABEK PT Home Credit Indonesia
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO