Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Business



Nyeruput Kopi Robusta di Warung Kopi Aming yang Legendaris

Senin,2020-01-13,15:53:40
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Bagai kedubes, setiap orang yang ke Pontianak selalu mampir ke warung kopi ini. Kopinya harum diseduh segar dan enak dinikmati dengan roti bakar srikaya.

Buat penggemar kopi seperti kami, setiap saat selalu berburu kopi khas daerah. Termasuk saat berjalan-jalan ke kota Pontianak, Kalimantan Barat. Nama kedai kopi Aming Coffee sudah sangat populer di Pontianak. Kamipun merasa wajib mampir ke sini

Terletak di sepotong Jalan Haji Abas I Nomor 157 yang tak terlalu lebar. Tetapi dari kejauhan sudah terlihat kerumunan orang di depan warung kopi yang sederhana. Tidak hanya di dalam tetapi meja dan kursi sudah 'meluber' ke emperan. Semua orang asyik ngobrol sambil menyeruput kopi.

Kamipun terpaksa memilih tempat di depan warung kopi ini yang juga sudah dijadikan tempat perluasan untuk ngopi. Yang unik warung kopi ini dilengkapi dengan banyak colokan listrik sehingga orang bisa mudah menyolok HP atau laptop Ditambah lagi ada wifi gratis. Tak heran kalau warung kopi ini penuh sesak nyaris sepanjang hari.

Meski di seberang warung kopi tapi pelayan sangat sigap mencatat pesanan dan melayani. Udara sedikit hangat karenanya kami memilih es kopi susu dan tentu saja dengan camilan pisang goreng srikaya plus roti bakar srikaya.

Suara riuh orang ngobrol mengiringi kami menyerutup es kopi susu yang disajikan di gelas tinggi. Rasanya tidak terlalu manis, tetapi aroma kuat kopi dark roast sangat terasa. Kopi jenis Robusta yang digunakan di sini. Kabarnya sejak tahun 1970 diracik sendiri oleh Limin Wong sang pendiri.

Sebenarnya menu camilan di warung kopi yang berdiri tahun 2002 ini tidak banyak. Jajanan yang disediakan di counter merupakan titipan orang. Jadi sebenarnya mereka masih memegang konsep kedai kopi alias kafe. Hanya menyediakan makanan kecil dan kopi saja.

Menu kopinya juga tak banyak. Yang populer Kopi Susu, Kopi Hitam dan Teh Tarik. Kemudian ada kopi Vietnam. Sejak awal biji kopi dipilih dan disangrai sendiri yang merupakan jenis robusta.

Pisang goreng srikayanya disajikan panas. Pisang kepok diiris seperti kipas dan dibalut tepung dan digoreng garing, khas pisgor Pontianak. Di atasnya dikucuri selai srikaya yang legit wangi. Karena tak terlalu banyak maka rasa manis selai srikaya ini pas dengan rasa asam manis pisang goreng kepok.

Sedangkan roti panggang srikaya nya disajikan hangat. Roti panggang dioles selai srikaya dan dipotong dua. Meskipun tak terlalu renyah, rasanya standar aja. Mungkin kalau rotinya sedikit tipis dan panggangannya rata tentu rasanya lebih renyah.

Kedai kopi dengan tagline ' Cita Rasa Kopi Sesungguhnya" ini juga menjual kopi bubuk siap seduh. Dari kemasan 100 gram sampai dengan 1 kg. Harga per 100 gram nya Rp 7.000 saja. Pengunjung kedai sering membeli kopi bubuk untuk diseduh di rumah.

Kedai kopi Aming Coffee ini juga pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 saat beliau mampir ke Pontianak. Saat itu Jokowi memesan kopi susu panas. Presidenpun memuji rasa kopi yang enak dengan harga murah.

Aming Coffee kini juga sudah banyak membuka cabang di luar Pontianak. Seperti di Singkawang, Bogor, Yogyakarta, Serpong dan Solo. Apakah harga dan seduhannya sama dengan yang di Pontianak? Kami perlu membuktikan dulu.


Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Operator Gudang (Bali) PT Rajawali Hiyoto
SALES PT. ICT Worldwide Indonesia
Personal Assistant / Secretary to Director PT. ICT Worldwide Indonesia
jobs-to-success