Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Business



Jajan Es Dawet Telasih Bu Dermi, Kuliner Favorit Jokowi di Dekat UNS

Kamis,2020-03-26,15:07:07
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. Menyambangi Solo bisa cicip ragam kuliner enak nan murah. Di Pasar Gede Hardjonagoro yang berlokasi dekat UNS, ada es dawet favorit Presiden Jokowi!
Salah satu jajanan yang layak dicoba adalah es dawet telasih di Pasar Gede Hardjonagoro yang hanya butuh 8 menit perjalanan dari kampus Universitas Sebelas Maret (UNS). Es dawet telasih ini terbuat dari es dawet ketan hitam, jenang sumsum, tape ketan, biji telasih, gula cair, santan, dan tambahan es batu.

Pemakaian bahan-bahan tersebut yang membuat es dawet telasih beda dengan es dawet pada umumnya. Misalnya es dawet khas Banjarnegara yang berisi cendol berwarna hijau diberi kuah santan plus gula merah cair.

Dari sekian banyak gerai es dawet di Pasar Gede Hardjonagoro, ada gerai yang sangat terkenal yaitu Es Dawet Telasih Bu Dermi. Konon racikannya sudah ada sejak sekitar tahun 1930. Ibu Rut Tulus Subekti adalah generasi ketiga pengelola usaha Es Dawet Bu Dermi. Setiap hari gerainya ramai pengunjung. Mereka mencari perpaduan biji telasih, gula, dan kuah dingin yang pas untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

Usut punya usut, Es Dawet Telasih Bu Dermi merupakan es dawet favorit Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sewaktu masih menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi sering minum di tempat ini. Walau sekarang sudah menjadi presiden, Jokowi terkadang memesan es dawet ini lewat ajudannya setiap pulang ke Solo.

Selain rasanya enak, es dawet ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup dengan Rp 8.000, kamu bisa merasakan kesegaran dari Es Dawet Telasih Bu Dermi yang buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Oh ya, selain Bu Dermi, es dawet telasih juga bisa dicoba di lapak milik Ibu Siswo. Lokasinya tepat di pintu masuk Pasar Gede Hardjonagoro. Di lapak ini, tersedia aneka bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat es campur.

Mulai dari cincau hitam, kolang-kaling, cendol, mutiara, rumput laut, nata de coco dan nanas segar yang sudah dikupas bersih. Sementara di meja jualannya ada beberapa baskom berisi ketan hitam, bubur sumsum, cendol hijau, sirup gula, santan dan biji selasih. Slurpp!
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Staff Accounting Confidential Company
Sales Executive (Bali) PT Rajawali Hiyoto
Sales Associate (SPG/SPB) Wilayah JABODETABEK PT Home Credit Indonesia
jobs-to-success