Indonesia Archipelago National Network - IANNnews.com

Sport



Garuda Pangkas 6 Cucu Usaha, Garuda Tahuberes Ikut Kena

Jumat,2020-04-03,13:57:11
(IANnews.id)
Iannews-Jakarta. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan melakukan rasionalisasi terhadap 6 anak dan cucu usaha. Salah satunya ialah PT Garuda Tahuberes Indonesia.
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, Garuda Tahuberes akan digabungkan (merger) pada unit bisnis Garuda di bidang kargo.

"Garuda Tahuberes itu akan kita masukan PT Garuda itu sendiri karena ada unit kargo dan dengan Garuda Tahuberes, domain aplikasi ini kita berharap dengan adanya aplikasi ini memudahkan interaksi bisnis kargo dengan agent dan customer," katanya dalam teleconference, Jumat (3/4/2020).

Rasional anak cucu usaha Garuda dilakukan supaya bisnis maskapai pelat merah ini menjadi efisien. Irfan menuturkan, selain merger ada juga pemisahan cucu usaha (spin off) yang dibatalkan. Salah satunya ialah terkait bisnis training center pilot dan awak kabin.

"Contohnya seperti spin off training center dengan harapan kita memberikan sertifikasi pilot-pilot maupun awak kabin yang Indonesia maupun di luar negeri. Tampaknya setelah kita evaluasi menciptakan terlalu banyak birokrasi segala macam ujungnya cost meningkat," ujarnya.

Spin off yang juga dibatalkan ialah terkait pembentukan unit usaha atau bisnis charter. Bisnis tersebut kemudian dikembalikan ke Garuda.

"Juga ada juga spin off dibuat kemudian kita batalkan pembentukan PT khusus charter, yang ternyata menciptakan birokrasi berlebihan, in-efsiensi dan segala macam kita masukan kembali, kembalikan ke PT Garuda," ujarnya.

Berikut daftar cucu usaha Garuda yang dirasionaliasasi:

1. Dapat dilikuidasi belum operasi
-PT Rilis Arah Pratama Indonesia (RAPI)
-PT Indo Suplai Total Solusi (ISTS)

2. Cucu usaha dalam proses penataan
-PT Garuda Tahuberes Indonesia (GTI)
-PT Garuda Indonesia Air Charter (GIAC)
-PT Garuda Ilmu Terapan Cakrawala Indonesia (GITC)

3. Cucu usaha yang dikaji penataannya
-PT Garuda Energy Logistik & Komersial (GELK).

Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
jobs-to-success
GFS
REAFO
REAFO